Notification

×

Iklan

Iklan

Gerakan KISS-NA PCNA Girimulyo: Mengatasi Stunting dan Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Balita Melalui Kerjasama dengan Puskesmas

Selasa, 06 Juni 2023 | 10.30 WIB Last Updated 2023-06-24T03:45:19Z



Stunting, kondisi kegagalan pertumbuhan akibat kekurangan gizi kronis, dialami oleh anak balita (bayi di bawah 5 tahun). Stunting tidak hanya berdampak pada pertumbuhan fisik anak, tetapi juga memengaruhi tingkat kecerdasan dan kesehatannya di masa depan. Untuk mengatasi masalah ini, Pimpinan Cabang Nasiatul Aisiyah (PCNA) Girimulyo bekerja sama dengan Puskesmas Girimulyo 1 dan Puskesmas Girimulyo 2 melalui gerakan KISS-NA (Komunitas Ibu Sadar Stunting - Nasyiatul Aisyiyah) dalam menyelenggarakan kegiatan penyuluhan kesehatan dan distribusi suplemen makanan kepada ibu hamil dan balita, dengan tujuan mencegah risiko stunting.

Pada bulan Mei 2023, PCNA Girimulyo melaksanakan distribusi suplemen makanan dan penyuluhan kesehatan melalui pertemuan kelas ibu hamil dan balita di Puskesmas Girimulyo 1, Puskesmas Girimulyo 2, Puskesmas Pembantu Pendoworejo, dan Balai Desa Purwosari. Kegiatan ini merupakan bukti nyata dari komitmen PCNA Girimulyo untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil dan balita di wilayah tersebut.

Rita AmD.Keb, seorang bidan di Puskesmas Girimulyo 1, mengucapkan terima kasih atas dukungan PCNA Girimulyo dalam meningkatkan kesehatan ibu hamil dan balita. Kerjasama antara PCNA Girimulyo dan Puskesmas Girimulyo merupakan upaya sinergis dalam mengatasi stunting dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan stunting.

Sebagai ketua PCNA Girimulyo dan penggerak KISS-NA, Zubaida Rohmawati berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang stunting dan menginspirasi ibu-ibu untuk mengambil langkah-langkah pencegahan. KISS-NA sebagai komunitas khusus ibu hamil dan balita memberikan wadah bagi mereka untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mencegah dan mengatasi stunting pada anak-anak, mulai dari dalam kandungan hingga usia balita.

Melalui program yang mencakup bantuan, penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan, dan penelitian khusus mengenai stunting, KISS-NA berusaha memberikan dukungan yang holistik bagi ibu hamil dan balita. Salah satu kegiatan utama dalam program ini adalah distribusi suplemen makanan yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Suplemen tersebut diberikan kepada ibu hamil dan balita untuk memastikan asupan gizi yang cukup.

Selain distribusi suplemen makanan, KISS-NA juga melibatkan penyuluhan kesehatan kepada ibu hamil dan balita. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya gizi seimbang, pola makan yang baik, perawatan kesehatan ibu hamil, dan perawatan anak. Dalam penyuluhan ini, tenaga medis dari Puskesmas Girimulyo memberikan informasi tentang manfaat nutrisi yang cukup, perawatan kesehatan yang tepat, dan pentingnya memantau pertumbuhan anak secara teratur.

Selain itu, program KISS-NA juga akan melibatkan pelatihan bagi ibu hamil dan ibu balita dalam mengelola dan memasak makanan yang sehat dan bergizi. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pemilihan bahan makanan yang baik, pengolahan yang benar, dan penggunaan variasi makanan yang tepat guna memenuhi kebutuhan gizi anak. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini, diharapkan ibu-ibu dapat memberikan makanan yang sehat dan bergizi kepada anak-anak mereka.

Selain kegiatan distribusi suplemen makanan dan penyuluhan kesehatan, KISS-NA juga melakukan upaya pemberdayaan masyarakat melalui kampanye kesadaran stunting. Komunitas ini berperan sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan stunting dan mengajak ibu-ibu untuk bergabung dalam gerakan ini. Melalui pendekatan komunitas, KISS-NA berharap dapat mencapai lebih banyak ibu hamil dan ibu balita untuk terlibat dalam kegiatan pencegahan stunting.

Namun demikian, pencegahan stunting tidak hanya menjadi tanggung jawab KISS-NA dan Puskesmas Girimulyo. Peran aktif dari seluruh masyarakat, termasuk pemerintah, lembaga sosial, dan sektor swasta, juga sangat penting dalam mengatasi masalah stunting ini. Dukungan dalam bentuk pendanaan, sumber daya manusia, dan fasilitas kesehatan yang memadai menjadi faktor penting dalam menjalankan program pencegahan stunting secara efektif.

Dalam menghadapi tantangan global di masa depan, Indonesia perlu memastikan bahwa generasi penerusnya tumbuh dan berkembang dengan baik. Pencegahan stunting menjadi langkah strategis untuk mencapai tujuan tersebut. Melalui gerakan KISS-NA yang dilaksanakan oleh PCNA Girimulyo bekerjasama dengan Puskesmas Girimulyo 1 dan Puskesmas Girimulyo 2, diharapkan kesadaran masyarakat tentang stunting dapat meningkat, serta memberikan dukungan yang diperlukan kepada ibu hamil dan balita, sehingga risiko stunting yang dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kita dapat dihindari.
(Edwin Daru Anggara)

Tidak ada komentar: